Kamis, 31 Maret 2011

Kenal Diri: Masalah Dasar Manusia


Kenal diri adalah sebuah masalah yang telah dikenal sejak awal peradaban. Banyak pemikir yang mengabadikan hampir seluruh masa hidupnya dalam ichtiar pemecahan masalah tersebut, tetapi tidak semuanya dapat digunakan dalam kehidupan yang nyata. Gurjiff adalah salah satu orang termaksud. Ia mendapati bahwa setiap orangmemiliki karakteristik bawaan yang menentukan kepribadiannya. Ia mengelompokkan karakteristik-karakteristik kepribadian manusia berdasarkan orientasi pikiran dan perasaan menjadi sembilan type kepribadian yang disebut enneagram; setiap orang normal hanya memiliki satu type kepribadian seumur hidupnya. Setiap type kepribadian itu memiliki plus dan minusnya masing-masing.


Type pembaharu, adalah orang-orang yang mau tampil sempurna dalam segala hal. Type penolong merasa punya banyak energi untuk membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan. Type pemenang, mencari cinta dengan menceritakan kesuksesannya pada orang-orang. Type individualis mencari cinta dengan menampilkan keunikan keindahan diri. Type pengamat berbangga dengan analisis-analisis yang tajam. Type loyalis menuntut kesetiaan, type antusias takut sengsara dan derita, type penantang mencari cinta pada ketaatan dan pembawa damai merasa bahagia dalam situasi tanpa konflik.

Apa type kepribadian anda?
Atau siapakah diri anda? Apakah type kepribadian suami, isteri dan anak-anak anda? Atau, apa type kepribadian bossmu? Untuk hidup harmony setiap orang perlu kenal diri dan tahu orang lain. Orang bijak bilang: kenal diri adalah pencerahan dan kenal orang lain adalah kebijaksanaan. Sebab dalam situasi itu seseorang akan lebih mudah mencipatakan suasana yang enak dalam relasi antar manusia dan karena itu mudah mendapatkan damai dan cinta. Hidup terhindar dari kekecewaan dan kemuakan, dan banjir dengan kebahagiaan.

Tidak hanya itu
! Pada aras pribadi, type kepribadian juga menentukan besarnya peluang untuk menderita penyakit-penyakit degeneratif. Apakah anda akan menderita gagal ginjal, jantung, hati atau paru-paru? Sekitar 80% kejadiannya berkaitan dengan type kepribadian yang anda miliki. Dengan mengetahui type kepribadian anda, maka anda bisa bersiap sedia serta menghindar dari penyakit-penyakit itu.

Type kepribadian menentukan bagaimana bawah sadar mengelola emosi-emosi dasar yang selalu memunculkan pikiran-pikiran tentang keberadaan (beingness), kerja (doingness), dan kepemilikan (habingness). Karena ketidaktahuannya ada yang tanpa sadar membudidayakan kecemasan, ketakutan, dan kemarahan. Berikut ia terjebak dalam perasaan yang kacau. Perasaaan-perasaan yang kacau itulah yang akan membuat otot tegang (stress) dan menjadi ladang persemaian berbagai macam penyakit.

4 komentar:

  1. Setujuuuu!Oras sekarang, begitu banyak orang yg kurang mengenal diri sendiri shg sering tidak tahu diri. Apapun tipe pribadi kita, bukanlah sesuatu yg hrs membuat kita kecewa. Yg penting, ada keinginan dalam diri utk berubah....dan senantiasa berubah....!

    BalasHapus
  2. Setujuuuu Berubah adalah essensi hidup! Tidak berubah = mati .....

    BalasHapus
  3. Mati sih tidak apa-apa, asal jangan mati konyol.

    BalasHapus